Beranda | Artikel
Ahlussunnah wal Jamaah Loyal dan Membenci Karena Allah - Al-Ishbah (Ustadz Kurnaedi, Lc.)
Kamis, 28 September 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Pada kajian kali ini Ustadz Kurnaedi akan menyampaikan pembahasan tentang “Ahlussunnah wal Jamaah Loyal dan Membenci Karena Allah“. Semoga bermanfaat.

Download juga kajian sebelumnya: Ahlussunnah wal Jamaah Menolak Perbuatan Yang Tidak Ada Sunnahnya

Ringkasan Kajian Kaidah manhaj Salaf dalam Tarbiyah dan Islah: Ahlussunnah wal Jamaah Loyal dan Membenci Karena Allah

Kaidah ini adalah kaidah yang sangat penting yang hendaknya dipahami oleh setiap muslim. Apakah cinta dan benci seorang muslim apakah mendatangkan ridho Allah atau mendatangkan murka Allah? Apakah cinta dan benci seorang muslim memasukkan kedalam neraka atau memasukkan kedalam surga?

Allah berfirman:

وَالَّذِينَ كَفَرُوا بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۚ إِلَّا تَفْعَلُوهُ تَكُن فِتْنَةٌ فِي الْأَرْضِ وَفَسَادٌ كَبِيرٌ ﴿٧٣﴾

“Adapun orang-orang yang kafir, sebagian mereka menjadi pelindung bagi sebagian yang lain. Jika kamu (hai para muslimin) tidak melaksanakan apa yang telah diperintahkan Allah itu, niscaya akan terjadi kekacauan di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (Q. S Al-Anfal[8]: 73)

Berikutnya Allah berfirman:

وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَيُطِيعُونَ اللَّـهَ وَرَسُولَهُ ۚ أُولَـٰئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللَّـهُ ۗ إِنَّ اللَّـهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ ﴿٧١﴾

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”(Q.S At-Taubah[9]: 71)

Dua ayat di atas, memberitahukan bahwa orang-orang kafir, walinya orang-orang kafir juga. Lalu Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabarkan bahwa orang-orang yang beriman menjadi pelindung bagi yang lain. Allah juga mensifati orang-orang yang beriman dengan sifat yang baik. Mereka selalu memerintahkan kepada perbuatan yang baik dan mencegah kemungkaran. Mereka juga mendirikan shalat, menunaikan zakat, mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Lalu kemudian Allah mengabarkan kepada mereka bahwa mereka akan mendapatkan rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Adapun orang kafir tidak akan mendapatkan rahmat Allah Subhanahu wa Ta’la.

Download Kajian Kaidah manhaj Salaf dalam Tarbiyah dan Islah: Ahlussunnah wal Jamaah Loyal dan Membenci Karena Allah


Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/29139-ahlussunnah-wal-jamaah-loyal-dan-membenci-karena-allah-al-ishbah-ustadz-kurnaedi-lc/